Pengertian Teknologi Reproduksi


Teknologi Reproduksi adalah usaha manusia untuk mengatasi permasalahan dalam perkembangbiakan hewan atau tumbuhan sehingga produk yang dihasilkan sesuai yang di harapkan.


Contoh Teknologi Reproduksi :

1. Hidroponik

Yaitu menanam tanaman pada media selain tanah. Media yang biasanya dipakai misalnya : air,pasir,kerikil , arang, dsb. Tujuan hidroponik adalah untuk mengatasi ketersediaan lahan yang semakin sempit.

2. Inseminasi Buatan (kawin suntik)

Yaitu memasukan sperma ke dalam hewan betina menggunakan alat tertentu. Tujuan kawin suntik adalah untuk mengatasi kesulitan bertemunya hewan jantan dengan hewan betina karena faktor geografis atau factor masa kawin yang tidak bersamaan.


3. Bayi Tabung (Fertilisasi In Vitro)

Yaitu mempertemukan sperma dengan sel telur (ovum) di luar tubuh induknya. Setelah terjadi pembuahan (Fertilisasi), embrio yang terbentuk kemudian di tanamkan pada rahim hewan betina. Tujuan bayi tabung adalah untuk mengatasi tidak dapat bertemunya sperma dan ovum di dalam tubuh hewan betina.

4. Kultur Jaringan

Yaitu memperbanyak tanaman dengan cara menanam jaringan tertentu (jaringan meristem) . Keuntungan : menghasilkan individu baru dalam jumlah banyak, sifat sama dengan induk, dan dalam waktu yang lebih cepat.

5. Kloning

Yaitu mengganti sel telur dengan inti sel somatis (Sel Tubuh), diberi kejutan listrik sehingga sel telur akan berkembang menjadi embrio, kemudian embrio ditanamkan pada rahim hewan betina. Individu baru yang terbentuk mempunyai sifat yang sama persis dengan induk yang di ambil inti sel somatisnya.

6. Hibridisasi (perkawinan silang)

Yaitu mengawinkan dua individu sejenis yang mempunyai sifat beda. Tujuan Hibridisasi adalah untuk mendapatkan individu baru yang mempunyai sifat yang berbeda dengan sifat induknya.

30 komentar:

  1. B9F57
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    BalasHapus